ARM Pamer Desain CPU& GPU Baru buat 2021

Posted on

ARM memamerkan desain CPU serta GPU baru yang hendak digunakan buat system on a chip( SoC) ponsel flagship keluaran 2021 mendatang. Semacam apa?

CPU yang diartikan merupakan Cortex- A78 serta GPU Mali- G78, yang bakal diadopsi oleh industri semacam Qualcomm, Huawei, serta Samsung dalam chip- chip buatannya yang setelah itu dipakai di jajaran ponsel serta tablet– apalagi laptop– flagship keluaran 2021.

ARM mengklaim Cortex- A78 merupakan CPU sangat efektif yang sempat mereka desain buat fitur mobile. Desain ini memiliki kenaikan keahlian terus menerus sebesar 20% dibandingkan Cortex- A77 dengan senantiasa mempertahan mengkonsumsi energi sebesar 1 watt.

Cortex- A77 merupakan desain chip keluaran tahun kemudian, yang salah satunya dipakai Qualcomm di Snapdragon 865, di mana core ini dipasangkan dengan Cortex- A55. Sedangkan Exynos 990 kepunyaan Samsung masih memakai Cortex- A76 keluaran tahun tadinya, yang dipasangkan dengan Cortex- A55.

Bagi ARM, kenaikan performa serta efisiensi di Cortex- A78 ini sepatutnya dapat mengimbangi mengkonsumsi energi 5G yang sangat besar. Tidak hanya itu, desain CPU anyar ini diklaim sesuai buat pemakaian fitur layar lipat dan pemakaian sebagian layar sekalian serta layar yang lebih besar, yang notabene memerlukan kekuatan komputasi lebih besar.

Tidak hanya pamer desain CPU serta GPU anyar, ARM pula menghadirkan program Custom- X buat para rekanannya, di mana mereka dapat mendesain CPU Cortex spesial bersama ARM buat kebutuhan spesial yang tidak dapat dipadati oleh Cortex- A78.

Salah satu chip awal dari program ini merupakan ARM Cortex- X1, yang diucap memiliki performa puncak 30% lebih besar dibandingkan Cortex- A77, demikian dilansir ww- norton dari The Verge, Rabu( 27/ 5/ 2020).

Tidak hanya CPU anyar, ARM juga memamerkan desain buat GPU baru yang bakal dipasangkan dengan Cortex- A78 tersebut, ialah Mali- G78. GPU ini menunjang pemakaian core dengan jumlah menggapai 24.

ARM menjanjikan Mali- G78 memiliki kenaikan performa grafis menggapai 25% dibandingkan Mali- G77. Kemudian terdapat pula Mali- G68 baru yang diposisikan bagaikan GPU kelas menengah, yang diharapkan dapat memperkenalkan performa mendekati Mali- G78 di fitur kelas menengah.

Setelah itu terdapat Ethos- N78 yang ialah neural processing unit( NPU) yang dijanjikan memiliki efisiensi performa 25% lebih besar dibandingkan Ethos- N77. Maksudnya, fitur yang memanfaatkannya bakal memiliki keahlian machine learning yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *