Lampu LED
Ini Keutamaan Menjaga Lampu LED

Ini Keutamaan Menjaga Lampu LED

Posted on

JAKARTA, Mobil keluaran paling baru rerata telah memakai tipe lampu Light Emiting Diode (LED). Lampu LED memang dipandang mempunyai pacaran cahaya yang semakin jelas, tapi rupanya ada pula kekurangannya.

Perlu untuk diketahui, sinar putih dari LED kurang optimal dipakai waktu berkendara di bawah siraman hujan deras, begitupun waktu ada di teritori berkabut seperti pegunungan. Bukan hanya itu, jika berlangsung kerusakan ongkos perbaikannya termasuk tambah mahal dibandingkan mode konvesional.

Pemakai Lampu LED

Oleh karena itu, buat pemakai lampu LED seharusnya memerhatikan beberapa situasi supaya umur gunakan dapat tahan lama. Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, menjelaskan, ada banyak situasi yang perlu jadi perhatian buat pemakai lampu LED.

“Sebetulnya dengan cara perawatan tidak ada yang istimewa, baik lampu LED atau konservatif. Tetapi paling penting itu ialah jaga serta memerhatikan situasi lensa jika ingin bertahan lama,” tutur Suparman waktu pada Kompas.com.

Tekankan lensa pada keadaan yang baik, tidak ada kerusakan atau keretakan. Kebersihan mika harus jadi perhatian, sebab jika sampai terhambat kotoran seperti tanah atau debu dapat menghambat sinaran sinarnya.

Bila cahaya LED terhambat, karena itu situasi mika dapat cepat panas serta mempunyai potensi membuat kerusakan. Disamping itu pemilik kendaraan harus juga jaga situasi lampu supaya tidak terserang air, sebab jika sampai demikian dapat memunculkan jalinan arus pendek.

“Tekankan situasi mika mulus, tidak ada retak atau kebocoran, khususnya waktu musim hujan. Fatalnya dapat membuat jalinan arus pendek, tetapi seringkali insiden LED rusak. Jika telah rusak biayanya mahal, sebab tidak dapat membeli unit, harus paket,” kata Suparman.

Pada keadaan normal, umur gunakan lampu LED atau konservatif menurut Suparman saling mempunyai umur gunakan yang lumayan panjang. Namun, lampu LED memercayakan tegangan listrik dari kendaraan.

Walau dengan cara mengonsumsi daya listrik semakin rendah dari lampu konservatif, tetapi jika arus tegangan listrik pada mobil tidak normal dapat membuat LED gampang rusak. Oleh karenanya, jaga listrik masih konstan khususnya pada bagian aki pun tidak kalah penting untuk dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *